Peralatan Service Hardware dan Fungsinya

Kerusakan hardware pada handphone sering terjadi ketimbang kerusakan dibidang software, sehingga alat yang yang digunakan secara otomatis lebih sering juga kita gunakan, maka karna itu kita harus memilih kwalitas yang bagus agar pemakaiannya lebih lama. Seperti halnya dalam memilih solder, jangan membeli obeng yang harga 15ribu di toko bangunan, karna biasanya ujung solder sangat besar kalau dipakai untuk menyolder komponen handphone, dan untuk kwalitasnya juga dibawah standart.
Mari kita langsung saja, mengenal beberapa peralatan hardware yang biasanya di pakai oleh tekni untuk memperbaiki sebuah handphone :

  • Obeng Set
Harga : 25.000 - 350.000
Obeng merupakan peralatan wajib bagi teknisi elektronika apapun, tak terkecuali bagi teknisi handphone. Obeng dalam teknisi handphone  sedikit berbeda dengan teknisi elektronika lainnya, dimana bentuk dari obeng handphone sangat kecil ketimbang dengan obeng untuk elektronika lainnya. Ada dua type obeng yang sering digunakan oleh teknisi handphone yaitu type T (T3, T4, T5 dll) dan type plus (+). Untuk type plus biasanya + dengan size 2.0. Hal itu disebabkan karna kebanyakan handphone banyak menggunakan baut type tersebut, walau masih ada yang menggunakan type baut yang lain.
Dalam hal ini saya sarankan bagi yang baru mau memulai belilah obeng set sekalian dengan kwalitas standart rata-rata, agar pemakaian lebih awet dan tidak perlu membeli satu-satu type obeng. Dengan membeli obeng set kita akan mendapatkan semua jenis type obeng yang dipakai untuk membuka baut semua handphone. Dengan begitu kita tidak akan kesulitan mencari type obeng lagi ketika ada dalam satu handphone yang menggunakan baut berbeda, seperti halnya iPhone yang menggunakan beberapa jenis baut untuk mengunci komponennya.
Seperti obeng set pada gambar di atas, kita sudah mendapatkan banyak type obeng dan beberapa perlengkapan service lainnya yang sangat dibutuhkan juga dalam perbaikan sebuah handphone.
 
  • Solder
Harga : 50.000 - 350.000
Solder merupakan alat teknisi handphone yang tak kalah pentingnya dengan obeng, dimana fungsi dari solder adalah untuk melepas atau memasang komponen-komponen handphone yang di rakit menggunakan timah. Untuk handphone keluaran terbaru sebenarnya sudah banyak komponen yang di rakit menggunakan sebuah konektor, beda halnya pada handphone keluaran lama yang dimana kebanyakan komponen di solder ke pcb secara manual.
Solder disini mempunya banyak macam, dari yang murah hingga yang mahal, namun keduanya tetap saja dengan fungsi yang sama. Namun yang harus diperhatikan bagi teknisi pemula adalah, belilah solder yang ada di toko-toko sperpart karna kwalitasnya biasanya standart rata-rata dalam perbaikan ponsel.
Jadi inti dari solder disini adalaha untuk melepas komponen-komponen handphone yang terpasang dengan system solder. Sedangkan untuk komponen yang jadi satu dengan PCB biasanya di perlukan yang namanya Solder Uap atau solder angin, seperti halnya IC atau komponen-komponen lainnya.

  • Timah Gulung
Harga : 15.000 - 35.000

Timah Gulung merupakan pasangan dari solder, yang berfungsi untuk menyatukan satu komponen dengan komponenya lainnya. Biasanya digunakan untuk melepas dan memasang komponen-komponen handphone, atau untuk menambah timah pada komponen yang sudah mulai korosi.
Melepas komponen handphone adakalanya kita harus memberi sedikit timah sebagai alat pemancing agar timah di komponen mudah mencair, karna terkadang banyak timah dalam rangkaian elektronika yang kuat, sehingga dibutuhkan penambahan sedikit timah untuk memancingnya agar timah mudah mencair.

  •  Kabel Jumper
Harga : 2.000 - 30.000
Merupakan alat bantu untuk menyambung jalur yang putus. Ini banyak berfungsi bagi seorang teknisi, karna memang sering sekali handphone rusak terjadi di putus jalur. Hal yang paling sering di jumpai adalah pada Nokia 105 dan sejenisnya, yang sering sekali putus di jalur LCDnya.



  • Multi Tester
Harga : 40.000 - 300.000
Alat yang satu ini mempunyai peran yang sangat penting bagi semua teknisi di kalangan elektronika, karna dengan Multi Tester kita bisa menganalisa kerusakan yang terjadi pada sebuah rangkaian handphone. Dan juga bisa mengecek kerusakan pada setiap komponen-komponen handphone, seperti mengecek kerusakan yang terjadi Buzzer, Mic, Speaker dan bahkan bisa mengecek kerusakan pada baterai.
Multi Tester mempunyai dua macam, yaitu Multi Tester Analog dan Multi Tester Digital. Namun intinya dari keduanya adalah sama, hanya jika kita menggunakan multi tester yang digital pengukuran akan lebih akurat karna disertai dengan nilainya dari setiap komponen atau jalur yang kita ukur. Untuk lebih detail cara penggunaan dari kedua multi tester akan saya coba bahas pada artikel yang lain.

  • Power Suplay
Harga : 160.000 - 450.000
Power Suplay juga mempunyai fungsi yang tak kalah pentingnya dengan  Multi Tester, Power Suplay juga bisa mendekteksi kerusakan sebuah handphone, bahkan bisa mengetahui konsleting yang terjadi pada sebuah handphone. Bahkan dengan Power Suplay kita juga bisa mengetahui konsleting yang terjadi pada IC atau pada kapasitor. Dan Power Suplay juga mempunyai fungsi sebagai pengganti baterai, dimana kita bisa menghidupkan handphone tanpa baterai dengan bantuan power suplay.
Power Suplay ini juga sama dengan Multi Tester, mempunyai dua jenis, Power Suplay Analog dimana penunjukan angka dengan jarus, dan Power Suplay Digital dimana penunjukan angka langsung secara angka, biasanya dengan power suplay digital kita akan menempukan hasil yang akurat, karna kita bisa langsung melihat angka yang di tunjukkannya.
Untuk lebih detail masalah fungsi Power Suplay, bagaimana cara analisa kerusakan dengan power suplay, saya akan mencoba menjelaskannya pada artikel yang lain.

  • Sikat 
Harga : 10.000 - 50.000
Seperti pada umumnya sikat digunakan untuk membersihkan kotoran, begitu juga sikat gigi untuk teknisi handphone, digunakan untuk membersihkan komponen-komponen handphone yang kotor, baik dari debu atau sebagainya. Sikat disini kita bisa memakainya dari sikat gigi, baik yang bekas ataupun yang baru, hanya kita perlu memperhatikan sikat gigi yang mau kita pakai adalah sikat gigi yang halus, agar tidak terjadi baret ketika kita membersihkan komponen atau pcb handphone.

  • Air Blower
Harga : 15.000 - 50.000
Air Blower merupakan alat pencipta angin tiup, yang bisa kita gunakan  untuk membersihkan debu pada komponen handphone, dengan bantuan sikat gigi biasanya akan menghasilkan pembersihan yang maksimal. Karna dengan bantuan Air Blower kita bisa mengeluarkan debu yang berada pada sisi-sisi komponen yang tidak terjangkau oleh sikat biasa.

  • Cutter / Pisau
Harga : 10.000 - 35.000
Cutter atau Pisau merupakan alat bantu bagi seorang teknisi handphone dengan fungsi sama seperti pada fungsi cutter pada umumnya,  yaitu untuk memotong sesuatu. Dalam perbaikan handphone terkadang kita membutuhkan cutter untuk memotong atau menggeruk jalus yang sudah tak terlihat. Seperti dalam pemasangan LCD Nokia 105 dan sejenisnya, kita harus mengkeruk jalurnya terlebih dahulu agar korosi hilang sebelum pamasangan lcd yang baru.

  • Cairan IPA / Thiner A Special
Harga : 30.000 - 125.000
Cairan IPA biasanya kita gunakan untuk membersihkan PCB yang kotor atau bahkan sudah korosi akibat kena air atau kena cairan lainnya, karna dengan hanya mengsikat korosi tidak akan hilang, sehingga kita membutuhkan cairan IPA untuk membersihkannya.
Cairan IPA untuk sekarang sudah mulai jarang di jual dipasaran, sehingga banyak teknisi yang menggantinya dengan Thiner A Special. Kenapa harus Thiner A Special, karna thiner jenis ini mempunyai bahan yang bagus buat membersihkan korosi, dan baunya juga tidak terlalu menyengat ketimbang thiner jenis lainnya, untuk mendapatkan Thiner A Special kita bisa mendapatkannya di toko bangunan atau toko cat, karna thiner ini tidak di jual di tempat toko sperpart.

  • Pingset
Harga : 15.000 - 150.000
Pingset merupakan alat bantu bagi seorang teknisi handphone, yang berfungsi untuk memegang ataupun penjepit komponen-komponen handphone yang kecil, yang tidak bisa di jangkau oleh tangan.
Pingset ini juga bisa berfungsi untuk mencongkel komponen-komponen handphone yang susah dibuka oleh tangan, dan fungsi yang sangat dibutuhkan oleh teknisi handphone adalah untuk memegang IC atau komponen lainnya, yang akan kita pasang atau cabut menggunakan Solder Uap karna untuk menghindari dari panas yang di semburkan oleh solder Uap.
Pinset ini mempunyai beberapa model yang ada di pasaran, bahkan juga banyak kwalitas yang ditawarkan. Untuk model kita bisa menyesuaikan dengan kebiasaan kita, ada lurus dan bengkok. Atau anda bisa membeli model keduanya untuk menyesuaikan cara kita menggunakannya.

  • Lotfett
Harga : 20.000 - 80.000
Lhoppet disini merupakan alat bantu bagi teknisi dalam membersihkan  mata solder yang mulai kotor, dan juga bisa membantu mencairkan timah lebih cepat dari biasanya. Lotfett juga bisa kita gunakan untuk membantu merekatkan timah ke komponen lebih cepat, walau masih kalah bagus dengan flux, dengan cara kita mengoleskannya sedikit pada bagian yang ingin kita tambahkan timah.

  • Cooper Ball (Pembersih Mata Solder
Harga : 10.000 - 70.000
Fungsi dari komponen ini adalah untuk menjaga agar mata atau ujung solder selalu bersih sehingga fungsi tetap stabil. Terkadang kita menyolder namun timah tidak mau lengket dengan solder yang disebabkan karena mata solder kotor, sehingga perlu kita bersihkan salah satunya dengan perlatan diatas. Alat ini juga mampu membersihkan mata solder yang mulai mengkarat, dengan cara kita gosok-gosokkan secara perlahan sehingga mata solder menjadi bersih kembali.

  • Lampu Service
Harga : 75.000 - 200.000
Lampu Service merupakan peralatan wajib bagi seorang teknisi, karna disini merupakan alat penerang yang sangat dibutuhkan mengingat komponen-komponen handphone yang bentuknya sangat kecil-kecil. Bagi Anda yang kreatif Anda bisa membuatnya dari lampu biasa, karna pada intinya kita membutuhkan penerangan lebih dari biasanya agar pekerjaan service menjadi tidak terganggu dengan kurangnya cahaya penerangan.
Seperti lampu service pada gambar di atas, yang merupakan lampu service multi fungsi, dimana sudah di lengkapi dengan kaca pembesar untuk melihat hasilnya yang terlalu kecil di lihat secara langsung.

  • Solder Uap (Heat Blower)
Harga : 250.000 - 1.000.000
Blower atau Solder Uap merupakan sebuah solder yang mempunyai  fungsi yang sama dengan solder biasa, namun Blower disini menggunakan system angin panas dalam mencairkan sebuah timah. Dan Blower di atur menggunakan 2 pengaturan, yaitu pengaturan angin dan juga pengaturan panas. Dalam mengatur setelan panas dan angin haruslah pas karna jika kita salah mengaturnya bisa berakibat fatal pada komponen handphone.
Untuk cara menggunakan dan mengatur setelan panas dan angin akan saya jelaskan pada artikle yang lain secara detail. 
Blower ini juga mempunya banyak macam harga, yang kesemuanya tergantung dari kwalitasnya, dan dalam mengatur panas juga berbeda-beda pada setiap type Blower sehingga terkadang hal ini menjadi menjadi bingun bagi teknisi pemula dalam mengatur setelan panas dan angin. Pada intinya kita hanya membiasakan diri dengan setelan panas dan angin yang pas untuk pekerjaan yang kita lakukan.

  • Penjepit PCB
Harga : 15.000 - 75.000
Seperti pada namanya alat ini di gunakan untuk menjepit PCB atau Mesin handphone agar tidak bergerak dalam proses pengerjaannya. Alat biasanya kita gunakan ketika mau melakukan service pada mesin handphone, baik itu penyolderan biasa atau penyolderan dengan blower. Biasanya alat ini harus digunakan dalam pemasangan IC handphone, agar mesin benar-benar tidak bergerak ketika kita melakukan persisi IC yang akan kita pasang.

  • Plat BGA
Harga : 15.000 - 200.000
Plat BGA merupakan alat service handphone yang berfungsi untuk mencetak ulang kaki-kaki IC yang hilang atau kurang setelah dilakukan pencopotan, agar kaki-kaki IC kembali utuh. Biasanya cetak ulang kaki IC dilakukan saat kita mereflash IC yang di anggap bermasalah, atau saat kita mengambil IC dari Handphone kanibalan atau handphone matot.
Setiap BGA handphone mempunyai kaki-kaki IC yang berbeda, walau banyak juga yang menggunakan IC yang sama, maka dari itu kita juga membutuhkan beberapa Plat BGA sesuai dengan kebutuhan kita, atau handphone yang sering kita kerjakan.
  • Flux
Harga : 10.000 - 150.000
Flux merupakan alat bantu untuk mempercepat dalam pencairan timah, baik itu digunakan dengan solder atau dengan Blower. Namun karna harganya yang sedikit mahal, biasanya flux di gunakan untuk blower karna memang untuk menghindari panas yang berlebih pada PCB yang bisa menyebabkan kerusakan jika sampai kita kelamaan memblower karna timah yang tidak cepat mencair.
Flux mempunyai banyak jenis, ada yang murah alias KW, yang biasanya teknisi gunakan untuk pelepasan yang konektor-konektor yang mau dilepas. Dan ada yang Original yang harganya biasanya 3x lipas lebih mahal, flux ori biasanya banyak digunakan untuk pelepasan atau pemasangan IC-IC agar panas bisa menyebar dengan sempurna dan timah cepat cair.

  • Solder Wick
Harga : 10.000 - 75.000
Solder merupakan alat bantu untuk mengangkat sisa-sisa timah yang masih menempel pada papan PCB, hal ini dilakukan agar dalam pemasangan ulang IC atau komponen lainnya mendapatkan tempat yang pas.
Dalam pemasangan IC yang dicetak ulang, tentu kita sangat membutuhkan solder, dengan cara kita tempelkan ke PCB letak IC lalu kita tempelkan solder dengan sambil mengeser-gesernya sampai merata, dan timah di PCB terlihat rata.

  • Timah Pasta
Harga : 20.000 - 130.000
Timah Pasta atau Timah Cair biasanya digunakan untuk menambahkan  timah pada komponen yang sudah mulai tinggal sedikit, dan biasanya oleh teknisi handphone timah pasta digunakan untuk mencetak ulang kaki-kaki ic dalam proses rehot. Namun timah ini juga bisa digunakan pada penambahan yang lain, sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Kaca Pembesar 
Harga : 15.000 - 80.000
Kaca Pembesar merupakan alat bantu bagi seorang teknisi dalam kelancaran proses pekerjaannya, apalagi komponen-komponen handphone yang sangat kecil-kecil sekali bentuknya, yang secara penglihatan biasa kadang tidak terlihat. Untuk teknisi handphone kaca pembesar sangatlah dibutuhkan, apalagi untuk melihat pasnya jalus solderan kita pada komponen yang sangat kecil sekali.

  • Lem Touchscreen / LCD

Harga : 10.000 - 75.000
Lem juga sangat dibutuhkan oleh teknisi handphone dalam pemasangan Touchscreen dan LCD, namun lem yang digunakan oleh teknisi handphone bukanlah lem sembarangan, tapi lem khusus Touchscreen atau LCD yang bisa Anda dapatkan di toko-toko sperpart handphone. Ini sangat dibutuhkan sekarang, karna memang handphone keluaran sekarang kebanyakan memakai TS atau LCD yang menyatu, sehingga dibutuhkan lem ini dalam proses perbaikannya.

  • Pembuka LCD
Harga : 15.000 - 100.000
Pembuka LCD merupakan alat bantu yang bisa kita gunakan agar LCD tidak mengalami kerusakan. Dengan adanya alat ini tentu akan sedikit mengurangi kerusakan LCD dari pecah. Seperti membuka LCD iPhone yang sangat membutuhkan alat ini.
Sebenarnya pembuka LCD mempunyai banyak macam bentuk, dan gambar diatas merupakan salah satu bentuk dari sekian banyak bentuk yang ada.

  • Double Tap
Harga : 15.000 - 50.000
Double Tap sama halnya dengan lem di atas, kebanyakan digunakan untuk perbaikan TS atau LCD, dan juga untuk komponen-komponen lainnya yang memang membutukannya, intinya isolasi ini banyak sekali dibutuhkan oleh seseorang dibidang apapun.
  • Gunting
Harga : 10.000 - 40.000
Gunting tentu sudah pada tau dengan fungsi utamanya, ini juga dibutuhkan untuk teknisi handphone untuk memotong sesuatu dalam proses perbaikan handphone. Seperti memotong kabel jumper, Isolatif, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Sebenarnya bukan itu saja, tentu masih banyak lagi dalam perbaikan handphone yang membuthkan gunting, contoh di atas hanyalah yang sering saya gunakan.

  • Isolatif Anti Panas
Harga : 20.000 - 120.000
Isolatif Anti Panas biasanya dibutuhkan olehk teknisi handphone dalam proses pembloweran, karna takut panas menyebar kemana-mana yang menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain. Seperti halnya dalam proses pemasangan atau pencabutan IC yang biasanya kita tutupi terlebih dahulu komponen sekitar agar tidak ikut kena panas yang berlebihan, yang bisa mengakibatkan kerusakan juga. Ini biasanya terjadi pada teknisi pemula seperti kita, dimana masih belum bisa menstabilkan dalam proses pembloweran, yang biasanya proses akan lama dalam pembloweran sehingga terjadi panas yang berlebihan panas mesin handphone.


NB : Untuk harga-harga dari setiap perlengkapan merupakan harga kisaran yang ada di pasaran sekarang. Sebenarnya untuk peralatan tergantung pada merk dan kwalitas yang kita ingin beli.
NB : Inti dari kita belajar secara otodidak adalah semangat dan tidak mundur ketika kita mendapatkan resiko dari proses belajar kita. Untuk itu bagi teknisi pemula diharuskan banyak belajar terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke praktek, agar meminimaslir kerusakan tambahan.
Untuk teknisi pemula, dalam proses bongkar pasang handphone yang belum pernah di kerjakan, alangkah baiknya jika melihat toturialnya terlebih dahulu, yang sudah banyak di share oleh teknisi lain dalam internet, yang biasanya banyak di upload dalam youtube.

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget