Perelatan Service Software dan Fungsinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa peralatan service handphone terbagi menjadi 2 bagian yaitu Software dan Hardware. Nah kali kita akan mengenal lebih detail Peralatan Service Software dan juga fungsi-fungsinya.
  • Komputer atau Laptop
Harga : 3.500.000 - 6.000.000

Komputer atau Laptop merupakan peralatan utama bagi seorang teknisi handphone, karna tanpa Komputer pekerjaan seorang teknisi akan sedikit terhambat, dan bagi yang mau melakukan perbaikan software, komputer merupakan peralatan wajib. Komputer bagi seorang teknisi mempunyai banyak fungsi dan kegunaan, dan fungsi utama dari alat ini adalah untuk melakukan flashing handphone atau perbaikan software.
Komputer juga bisa dibuat untuk menyimpan firmware, menyimpan file-file materi, dibuat mencari referensi ataupun artikel, dan masih banyak lagi, yang tentunya menjadi kebutuhan seorang teknisi handphone.
Untuk pemula yang ingin belajar menjadi seorang teknisi handphone, harus mempunyai sedikit basic tentang Komputer, karna tanpa pengetahuan komputer sama sekali akan menjadi susah untuk mengembangkan belajarnya tentang service handphone. Apalagi semua service handphone akan membutuhkan alat ini. Namun karna harga Komputer yang masih lumayan mahal, bagi pemula Anda masih bisa menundanya dengan mempelajari yang lain terlebih dahulu sambil mengumpulkan dana untuk membeli Komputer.

  • Box Flasher
Harga : 500.000 - 3.500.000

Box Flasher merupakan peralatan khusus untuk perbaikan software, mulai dari flashing, imei repair, unlock bootloader, unlock FRP, Unlock Pola dan masih banyak lagi fungsi lainnya.
Box Flasher ini mempunyai banyak macam yang kegunaannya berbeda-beda, bahkan kebanyakan Box Flasher banyak di khususkan untuk merk handphone tertentu, dalam artian banyak Box Flasher yang di fokuskan ke merk-merk tertentu. Seperti halnya Z3X yang banyak di khususkan ke Samsung dan sebagian LG, Miracle Box yang banyak di khususkan ke merk-merk china, UFS-3 Torbo yang merupakan Box Flasher universal walau tidak semua merk bisa, Ufi Box yang menewarkan flashing universal, dan banyak lagi box-box flahser yang sudah banyak di pasarkan.
Bahkan untuk saat ini sudah banyak yang mengeluarkan dengan bentuk dongle atau box flasher lite, yang bisa kita dapatkan dengan harga lebih murah, namun masih banyak keterbatasan ketimbang dengan Box Flasher. Untuk box-box flasher saya akan coba tulis pada artikle selanjutnya.
  • Program Flasher
Program Flasher yang di maksud adalah program flasher yang banyak disediakan secara langsung oleh setiap brand atau yang disediakan oleh devloper handphone. Biasanya program flasher tersebut hanya bisa digunakan untuk flashing saja, artinya jika ada kerusakan yang sedikit berat kita harus menggunakan box flasher.
Seperti Odin yang disediakan secara langsung oleh Samsung, MiFlash yang disediakan langsung oleh Xiaomi, Nokia Updater, Flashtool oleh Sony dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada Flash Tools yang disediakan secara universal untuk digunakan pada chipset mediatek.
Untuk lebih lengkapnya Anda bisa cari di google program-program flasher yang disediakan secara gratis oleh Developer atau langsung dari brand resminya. Untuk pemula yang masih mempunyai modal yang minim bisa memanfaatkan program flasher gratis ini, sambil menunggu modal untuk membeli box flasher.

  • Kabel Data
Harga : 7.000 - 75.000
Kabel Data merupakan alat penghubung handphone ke Komputer atau Laptop. Kabel ini biasanya ada secara bawaan ketika kita membeli sebuah handphone, yang biasanya digunakan untuk kabel charger sekaligus untuk handphone-handphone dengan OS Android. Kabel data untuk handphone lama biasanya di beli secara terpisah, namun sekarang kita sudah bisa mendapatkannya secara langsung. Untuk flashing di sarankan membawa atau memakai kabel data bawaan handphone, karna memang kwalitasnya lebih bagus ketimbang yang di beli secara terpisah.
Kabel Data ini tidak hanya digunakan sebagai alat flashing saja. Inti dari kabel data adalah sebagai alat penghubung antara handphone dan komputer, baik dalam proses flashing, pindah data, copy data ataupun buat penghubung handphone ke TV atau dengan alat elektronika lainnya.
 
  • Firmware 
Firmware adalah sebuah file yang digunakan untuk memperbaiki software handphone yang rusak atau hanya untuk sekedar update osnya saja. Setiap type handphone mempunyai firmware masing-masing, sehingga setiap kali kita mau melakukan flashing kita harus memperhatikan type handphone yang mau di lakukan flashing, karna jika salah kita memasukkan firmware maka handphone bisa menjadi mati total.
Dengan banyaknya type handphone yang beredar, disini banyak menuntut seorang teknisi handphone untuk banyak-banyak mengumpulan firmware handphone, khususnya untuk handphone-handphone yang banyak dipasaran. Ukuran firmware setiap type handphone lumayan gede, kisaran 500mb - 3gb, sehingga menuntut seorang teknisi untuk mempunya ruang penyimpanan yang gede. Bahkan untuk menyimpan firmware banyak teknisi yang menambah dengan Harddisk External, karna memang banyaknya firmware yang harus di simpan.

Mungkin itu saja, peralatan software yang perlu Anda ketahui secara umum dulu. Walau masih banyak yang perlu dijelaskan secara detail dari masing-masing peralatan, khususnya Box Flasher yang seudah banyak sekali beredar macam-macam box flasher di pasaran. Jika Anda ingin lebih tau secara dalam tentang masing-masing box flasher ataupun dongle yang beredar sekarang, Anda bisa mencari referensinya di internet.

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget